' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>

Sunday, March 4, 2018


“ YANG MUDA YANG BERKARYA “

     Yang muda, yang berkarya mungkin istilah inilah yang pantas disematkan kepada Juanda seorang pemuda asli Gusung, Kelurahan Lamalaka. Juanda yang merupakan tulang punggung di keluarganya ini sehari-harinya bekerja sebagai kuli bangunan, hasil yang didapatnya pun tak seberapa tapi Juanda punya keinginan untuk bekerja dan berusaha bukan hanya mengharapkan belas kasihan orang lain.


   Tak banyak yang tahu ternyata di balik penampilannya yang dinilai agak urakan oleh masyarakat sekitar, Juanda memilki bakat yang terpendam. Hal itu terlihat sejak masuknya program Kotaku di lingkungan tempatnya tinggal yaitu kampung Gusung kelurahan Lamalaka. Juanda merupakan salah satu pemuda yang diajak untuk berpartisipasi dalam program Kotaku yaitu penataan lingkungan. Sejak adanya program Kotaku, Juanda dan pemuda lainnya menawarkan diri untuk menggambar sebagai bagian dari kegiatan mempercantik lingkungan. Selain memiliki bakat menggambar, ternyata Juanda juga ternyata pandai menciptakan lagu. Dari hasil pengalamannya selama berpartisipasi untuk menata lingkungan kampungnya lewat program Kotaku, Juanda menuangkannya dalam sebuah lagu yang dia aransemen sendiri.

Juanda hanya salah satu contoh pemuda di lingkungan Gusung yang memilki bakat tapi terkendala situasi dan keadaan sekitar serta tidak adanya wadah untuk mengembangkan bakat mereka tersebut. Setiap manusia yang terlahir semunya pasti mempunyai bakat. Saat seseorang mencoba sesuatu yang baru dan kita mampu melakukannya dengan berhasil diatas rata-rata orang lain, di saat itulah kita menyadari kalau kita mempunyai bakat dalam bidang tersebut.      

Dengan adanya program Kotaku yang mengajak semua masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menata lingkungannya, tak hanya orang-orang tua saja tetapi para pemuda juga harus ikut diberdayakan sehingga tidak hanya Juanda saja yang bisa menemukan bakatnya tetapi juga pemuda-pemuda lain selain Juanda, sehingga para pemuda bisa menjadi “generasi muda yang berkarya bukan generasi muda yang bermudharat, generasi muda yang turun tangan bukan tunjuk tangan dan generasi muda pemberi solusi bukan generasi muda pemaki-maki”. (ns)




0 comments:

Post a Comment